Kamis, 11 Februari 2010

Sebab hancurnya kebahagiaan


Kebahagiaan merupakan anugerah yang tak ternilai harganya,seseorang berjuang dan berusaha semaksimal mungkin hanya untuk memperoleh kebahagiaan.
Tapi apa daya jika kebahagiaan itu akan hilang,bahkan hancur dan merugikan kita sendiri.
Apa sebab hancurnya kebahagiaan tersebut???

Terkadang kita tidak sadar,kebahagiaan yang selama ini kita raih ternyata tidak kekal,alias hanya sementara belaka.Padahal harta yang kita miliki, sebagian kita infaqkan dijalan Allah.Kemampuan dan waktu yang kita miliki juga digunakan untuk beribadah kepada Allah.Sholat rajin,Puasa iya,Zakat gak ketinggalan,tapi apakah ini semua bisa menjerat kita dalam jurang kenistaan??

Semua amalan yang kita lakukan tentunya akan mendapatkan pahala dan kebaikan dari Allah,tentunya dengan dua syarat agar amalan kita diterima oleh Allah.Yang pertama ikhlas karena Allah,dan yang kedua melakukannya sesuai dengan yang diajarkan oleh rosulullah Saw.dengan dua syarat inilah amalan kita akan diterima disisi Allah.

Seseorang yang beramal dan beribadah dengan berharap pujian orang lain,maka amalan ini akan tertolak,bahkan akan mendapatkan adzab neraka.Seseorang yang beribadah dan beramal karena ingin naik jabatan,atau karena dilihat mertua,semua ini akan tertolak dan sia sia.

Bahkan ketika hari kiamat kelak,ketika manusia dibangkitkan,ada tiga jenis manusia yang akan masuk neraka terlebih dahulu,siapakah mereka??

1.Orang yang mati syahid tetapi ingin dipuji sebagai pahlawan atau pemberani,bukan karena Allah.
Ini adalah golongan yang pertama.Mati Syahid adalah orang yang meninggal karena berperang dijalan Allah,ini adalah orang yang sangat mulia,bahkan mereka akan masuk surga tanpa hisab,begitu bahagianya mereka.Tapi ada juga orang yang berperang karena ingin dipuji,atau ingin dikatakan sebagai seorang pemberani,atau ingn dapat gelar seorang pahlawan,maka dia akan mati sia sia,mereka bukan mati syahid.Mereka akan mendapatkan apa yang mereka impikan,yaitu dipuji orang,atau dapat gelar pahlawan,tapi disisi Allah tdak mendapatkan ganjaran sedikitpun,bahkan mendapatkan ancaman siksa di neraka.Golongan inilah yang pertama masuk neraka.

2.Orang yang 'alim(berilmu) tapi mereka ingin dihormati orang lain,atau ingin dikatakan sebagai orang yang 'alim.Bukan karena Allah.
ini adalah golongan yang akan masuk neraka urutan kedua.orang yang berilmu sungguh mulia, mempunyai keutamaan yang luar biasa.Sebagaimana sabda Rosulullah saw: Orang yang berilmu diantara orang orang ahli ibadah adalah seperti Bulan purnama diantara bintang bintang.
Orang yang berilmu lebih utama dari ahli ibadah,sebagaimana rosulullah memberikan perumpamaan,orang yang berilmu seperti bulan purnama yang bisa menerangi bumi d malam hari,daripada bintang bintang yag jumlahnya ribuan tapi tidak bisa menerangi bumi.Tapi perlu kita ingat,'alim karena ingin dihormati orang,karena ingin dipuji orang,atau ingin dikatakan orang yg alim,maka itu semua tidak ada gunanya,sia sia,bahkan akan mendapatkan siksa neraka.Hanya dengan ikhlas karena Allah,hanya ingin mencari ridho Allah lah segala amalan akan diterima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar